Selasa, 15 Maret 2011


Tue, 08 March 2011 21:34:04 | Eta Fajar Wiriatmo Daely (IP = 110.137.26.148) | Onolimbu Lahomi
Dibuka secara langsung oleh Bupati Nias Barat
PEMERINTAH KABUPATEN NIAS BARAT LAKSANAKAN FORUM SKPD
* Forum SKPD merupakan Forum Pendahuluan/Sebelum MUSRENBANG


Onolimbu Lahomi (NiasIsland.Com)

Click to enlarge!" width="250" align="right" border="0">Bertempat di Gereja Katholik Mandrehe, pada hari Selasa tanggal 8 Maret 2011, Penjabat Bupati Nias Barat Drs. Sudirman Waruwu membuka secara resmi Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Nias Barat. Forum SKPD merupakan pertemuan pendahuluan sebelum dilaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Kabupaten Nias Barat. Forum ini juga dilaksanakan setelah pelaksanaan MUSRENBANG Desa yang dilaksanakan pada awal tahun (bulan Januari), kemudian pelaksanaan MUSRENBANG Kecamatan yang dilaksanakan pada bulan Februari. Forum SKPD merupakan wadah bersama antar pelaku pembangunan untuk membahas prioritas kegiatan pembangunan hasil Musrenbang Kecamatan dan Musrenbang Desa dengan SKPD atau gabungan SKPD sebagai upaya mengisi Rencana Kerja SKPD.

Forum SKPD Kabupaten/Kota bertujuan untuk:
1. Mensinkronkan prioritas kegiatan pembangunan dari berbagai kecamatan dengan Rancangan Rencana Kerja Satuan Perangkat Daerah (Renja SKPD) Tahun Anggaran/ TA. 2012.
2. Menetapkan kegiatan prioritas yang akan dimuat dalam Renja-SKPD TA. 2012.
3. Menyesuaikan prioritas Renja-SKPD dengan plafon/pagu dana SKPD yang termuat dalam prioritas pembangunan daerah (Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah/RKPD TA. 2012).
4. Mengidentifikasi keefektifan berbagai regulasi yang berkaitan dengan fungsi SKPD, terutama untuk mendukung terlaksananya Renja SKPD.

Keluaran yang dihasilkan dari Forum-SKPD Kabupaten/Kota adalah:
1. Rancangan Renja-SKPD berdasarkan hasil Forum SKPD yang memuat kerangka regulasi dan kerangka anggaran SKPD.
2. Kegiatan Prioritas yang sudah dipilah menurut sumber pendanaan dari APBD setempat, APBD Provinsi maupun APBN yang termuat dalam Rancangan Renja-SKPD disusun menurut kecamatan dan desa/kelurahan. Selanjutnya, kegiatan prioritas setiap kecamatan disampaikan kepada masing-masing kecamatan oleh para delegasi kecamatan.
3. Terpilihnya delegasi dari Forum SKPD yang yang berasal dari organisasi kelompok-kelompok masyarakat skala kabupaten/kota untuk mengikuti Musrenbang Kabupaten/Kota.
4. Berita Acara Forum SKPD Kabupaten/Kota.

Acara Forum SKPD Kabupaten Nias Barat 2011 diawali dengan Laporan Pelaksanaan Forum SKPD oleh Kepala BAPPEDA Nias Barat Mesachi Zebua, SIP yang menyampaikan latar belakang, tujuan, jumlah peserta undangan, jadwal waktu pertemuan Forum SKPD. Kemudian dilanjutkan oleh sambutan Wakil Ketua DPRD Nias Barat Drs. Evolut Zebua yang menyambut baik pelaksanaan Forum SKPD dalam membicarakan dan membahas usulan dari kecamatan secara lintas SKPD. SKPD harus memilah dan memilih usulan program dan kegiatan berdasarkan skala prioritas dan ketersediaan anggaran. Indikator keberhasilan program dan kegiatan harus terlihat dengan input dana yang terbatas diharapkan ada output yang tidak hanya dirasakan oleh aparatur SKPD sendiri juga dirasakan oleh masyarakat sasaran program dan kegiatan yang bertempat tinggal di desa dan kecamatan. Sekdakab Nias Barat Zemi Gulo dalam sambutannya juga mengharapakan SKPD dapat benar-benar merencanakan program dan kegiatan dengan baik. Input anggaran yang terbatas memacu para SKPD untuk membuat terobosan dalam pengucuran anggaran ke kementerian atau pemerintah pusat dan pemerintahan provinsi. SKPD dalam menetapkan sasaran , keluaran dan dampak harus dirasakan oleh masyarakat banyak.

Penjabat Bupati Nias Barat Drs. Sudirman Waruwu dalam arahan dan bimbinganya mengharapkan Seluruh SKPD dapat merencanakan berbagai program dan kegiatan yang mendesak, prioritas dan dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat dengan tetap berpedoman pada anggaran yang tersedia. SKPD juga harus dapat menangkap kearifan para pemangku kepentingan secara objektif, proporsional dan tingkat urgensinya. Keluaran dari Forum SKPD ini merupakan Rencana Kerja (Renja) SKPD berdasarkan prioritas dan sumber pendanaan yang akan dihimpun dan disempurnakan dalam Musrenbang menjadi Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2012.

Setelah acara pembukaan, Forum SKPD dilanjutkan dengan pemaparan SKPD tertentu menjadi narasumber pada 4 bagian Forum yaitu Forum Bidang Pendidikan dan Kesehatan, Forum Bidang Ekonomi, Forum Bidang Infrastruktur dan Forum Bidang Pengentasan Kemiskinan. Penulis dhi. Eta Fajar Wiriatmo Daely, SP. MM. yang mewakili SKPD Kantor Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nias Barat menyampaikan Paparan pada Forum Bidang Ekonomi bersama-sama secara panel dengan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nias Barat Faoloaro Gulo, SPd. Kepala Dinas Perindagtamben Azochi Daeli, SPd. dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Drs. Filifo Daeli. Setelah pemaparan dilanjutkan dengan ruang diskusi yang membahas dan memberi masukan terhadap rencana kerja dari setiap SKPD.

Forum SKPD Kabupaten Nias Barat dihadiri oleh Asisten Setdakab Nias Barat, seluruh Pimpinan SKPD, seluruh CAMAT, kepala Bagian Setdakab Nias Barat, Kepala Bidang dan Kepala Seksi, beberapa Anggota DPRD Nias Barat diantaranya Fadaosi Waruwu Ketua Komisi B dan Faonasokhi Daeli Ketua Komisi C, pimpinan ormas, LSM, akademisi dan lain-lain. Forum SKPD ini akan berlangsung sampai hari Rabu, 9 Maret 2011. Dimana pada hari kedua akan diisi dengan perumusan rencana kerja SKPD sebagai bahan rancangan RKPD Kabupaten Nias Barat Tahun Anggaran 2012 yang akan dibahas pada MUSRENBANG Kabupaten Nias Barat yang direncanakan akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 14 Maret 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar