Selasa, 15 Maret 2011

Kabar Terkini Kabupaten Nias Barat Juni 20, 2009

Posted by onkp in Info.
trackback

Gunungsitoli (NiasIsland.Com, Thu, 18 June 2009 10:20:11)

Penjabat Bupati Nias Barat pada saat meresmikan kantor Bupati Nias Barat dan Sekretariat Daerah Kabupaten Nias Barat tanggal 6 Juni 2009 lalu telah menyatakan kepada Camat Mandrehe untuk mempersiapkan Upacara Pengibaran Bendera pada tanggal 17 Juni 2009 di ibukota Kecamatan Mandrehe. BupatiNisbarCamat Mandrehe ternyata telah mempersiapkan Upacara Bendera dengan baik hal ini dibuktikan hadirin peserta yang cukup meriah dari seluruh aparat PNS se Kecamatan Mandrehe, aparatur TNI/POLRI, guru-guru, Siswa SLTA, SLTP, OKP dan turut dihadiri dari Tim fasilitasi pendamping Pj. Bupati Nias Barat dan seluruh 7 Camat lainnya se Kabupaten Nias Barat.

Bertindak sebagai Perwira Upacara adalah Camat Mandrehe, Komandan Upacara adalah Danramil Mandrehe Kapt. F. Waruwu dan Pj. Bupati Nias Barat bertindak sebagai Inspektur/Pembina Upacara. Dalam upacara selain pengibaran bendera dan hening cipta juga dibacakan Panca Prasetya KORPRI, Sapta Marga TNI dan Tri Brata POLRI. Dalam amanat pembina upacara Pj. Bupati Nias Barat mengucapkan terima kasih atas seluruh peserta upacara yang telah menghadiri dan menyukseskan upacara Pengibaran Bendera yang pertama kali dilaksanakan di daerah otonom baru Kabupaten Nias Barat. Pj. Bupati Nias Barat menghimbau kiranya segala perbedaan pendapat dan terbentuknya berbagai blok selama proses penetapan calon penjabat Bupati Nias Barat untuk ditinggalkan dan kembali menyatu dalam mengisi dan menyukseskan tiga tugas pokok Penjabat Bupati Nias Barat dan meningkatkan pembangunan di Kabupaten Nias Barat. Penjabat Bupati Nias Barat juga mengajak para hadirin dan masyarakat yang mendengar disekitar lokasi upacara untuk menyukseskan dan berpartisipasi meggunakan hak pilihnya dalam pemilihan presiden dan wakil presiden pada tanggal 8 Juli 2009 yang akan datang.

Setelah upacara, Camat Mendrehe beserta tokoh masyarakat melaksanakan penyambutan Pj. Bupati Nias Barat di Aula Kantor Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Mandrehe. Dari lapangan upacara menuju aula Rombongan Pj Bupati Nias Barat diiringi tari perang dan disambut oleh Camat Mandrehe dan para tokoh masyarakat di Aula Kantor dengan pengalungan bunga menuju kedalam ruangan.

Penjabat Bupati Nias Barat dalam sambutannya atas acara penyambutan yang dilaksanakan masyarakat Kecamatan Mandrehe mengatakan ucapan terima kasih atas sambutan masyarakat Manderehe yang cukup meriah. Bapak Faduhusi Daely mengatakan bahwa banyak nada sumbang atas cepatnya kegiatan Penjabat Bupati Nias Barat dibanding Kabupaten/Kota hasil pemekaran Nias. Pj Bupati Nias Barat menyatakan bahwa dirinya sudah diwanti-wanti oleh pemerintah atasan untuk segera aktif dan Beliau merasa ia akan dikira sengaja memperlambat dan menginginkan masa periode penjabat bupati kalau tidak segera aktif menuntaskan tiga tugas pokok penjabat Bupati DOB. Kami tetap berkoordinasi dengan Bupati Nias bahkan dalam UU 46 tahun 2008 menyatakan bahwa Kabupaten Nias Barat tetap berkoordinasi dengan Kabupaten Nias sampai dengan 3 tahun (s/d tahun 2011) lamanya selain dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Beberapa program pembangunan prioritas adalah dibidang pertanian, pendidikan, kesehatan, perikanan/kelautan dan infrastruktur. Program ini tidak harus dituntaskan dalam waktu satu tahun tetapi paling tidak dapat menjadi fondasi dasar kepada Bupati berikutnya.

Pj Bupati Nias Barat mengingatkan tampilnya SDM Nias Barat dalam memimpin Departemen dan Dinas Pendidikan di Kabupaten Nias dan Kabupaten Nias Selatan bahkan di Tingkat Propinsi Sumatera Utara. Jadi pendidikan adalah kata kunci untuk menghasilkan SDM yang unggul dan baik. Beberapa manfaat adanya pemekaran Nias Barat antara lain adalah semakin pendeknya rentang kendali pemerintahan di wilayah Nias Barat, peluang adanya formasi CPNS dan guru-guru, peluang berputarnya perekonomian Nias Barat dengan aktifnya puluhan perkantoran baru (Dinas/Lembaga Teknis Daerah/Unit Pelaksana Teknis) dan manfaat lainnya. Beliau mengakhiri sambutannya dengan mengungkapkan tugas tambahan disamping tiga tugas pokoknya adalah memulihkan kegiatan kemasyarakatan yang baik seperti contoh kekhusukan dalam beribadah pada hari minggu dimana dihimbau kedai/toko minuman dan aktivitas olah raga tidak dilaksanakan pada saat jam kebaktian gereja pada hari minggu/hari besar keagamaan lainnya. Peningkatan aktifitas kerohanian pada hari ibadah dan hari-hari lainnya yang dilaksanakan di keluarga atau lingkungan.

PANITIA SYUKURAN BERSAMA PJ BUPATI NIAS BARAT MENETAPKAN RENCANA PELAKSANAAN SYUKURAN DIADAKAN PADA HARI JUMAT TANGGAL 03 JULI 2009

Setelah acara penyambutan masyarakat Kecamatan Mandrehe atas kehadiran Pj Bupati Nias Barat yang pertama kalinya dimana diakhiri dengan makan bersama maka Panitia Syukuran Kabupaten Nias Barat mengadakan rapat persiapan acara pelaksanaan syukuran. Pada laporan masing-masing seksi terungkap bahwa anggaran sudah mendekati 80 persen terpenuhi dari rencana anggaran biaya lebih kurang 120 juta rupiah, persiapan acara penyambutan (fangowai, atraksi budaya, dll) sudah lebih dari 50 persen, persiapan pembersihan lokasi di ibukota Kabupaten Nias Barat sudah mencapai 40 persen dan seksi-seksi lainnya.

Anggaran 120 juta yang sangat besar karena undangan yang hadir dari 8 kecamatan se Kabupaten Nias Barat dan undangan lainnya diperkirakan 3000 orang dan sebagian juga dianggarkan bagi penyediaan fasilitas Gedung Balai Serbaguna Nias Barat yang akan dipakai oleh Pj Bupati Nias Barat sebagai kantor sementara menunggu pembangunan Kantor Bupati yang definitif nantinya seperti Meja dan Kursi. Penetapan rencana pelaksanaan dimajukan dari tanggal 18 Juli 2009 menjadi tanggal 03 Juli 2009 oleh karena pada tanggal sebelumnya Pj Bupati Nias Barat akan berada di Jakarta dalam proses pengurusan anggaran stimulus dan kegiatan nasional lainnya. Seluruh peserta menyatakan setuju dengan tanggal tersebut karena memang harus menyesuaikan dengan keberadaa Pj Bupati Nias Barat di tempat (wilayah Nias Barat) pada saat syukuran.

Kepada kita warga Nias Barat yang berada diseluruh seantero Nusantara maupun luar negeri yang dapat dan berkesempatan hadir di acara syukuran, kita diajak bersama untuk menghadiri acara syukuran yang akan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 03 Juli 2009 dimulai Pukul 09.00 sampai dengan selesai bertempat di Gedung Balai Serba Guna Nias Barat di Ibu Kota Kabupaten Nias Barat Desa Onolimbu kecamatan Lahomi. Kita telah membuktikan perjuangan kita bersama dengan diresmikannya Kabupaten Nias Barat dan dilantiknya Penjabat Bupati Nias Barat pada tanggal 26 Mei 2009 oleh Mendagri atas nama Presiden RI di Jakarta dan itu semua kita naikkan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas pertolongannya. Pemimpin ibadah pada saat itu adalah Bapak Pastor Romanus yang saat ini bertugas di Gereja RK paroki Laverna di Pelabuhan Angin Gunungsitoli.

Mari รข€¦ kita semua diajak menghadiri acara syukuran Kabupaten Nias Barat pada hari Jumat tanggal 03 Juli 2009 Pukul 09.00-selesai di Desa Onolimbu Kecamatan Lahomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar